pelat mold base

Metode Pendinginan Seri dan Paralel Pada Plat Tipe Datar dari Mold Base (Dasar Cetakan)

Metode Pendinginan Seri dan Paralel Pada Plat Tipe Datar dari Mold Base (Dasar Cetakan)

Hampir semua desainer Mold paham bahwa pendinginan adalah bagian penting dan terbesar yang mempengaruhi  waktu siklus injeksi pada mold. Desain yang baik dalam pendinginan akan dapat mengurangi waktu siklus sistem pertukaran panas antara resin sesudah dan dapat  memberikan produk yang baik.Pada gambar di bawah ini menunjukkan pelat mold base yang dapat menggunakan metode pendinginan seri atau paralel.

pelat mold base

Bagaimana Dengan Core dan Cavity Base?

Kita bisa menggunakan kedua jenis pendingin, baik seri dan paralel ketika mendesain cooling atau sistem pendingin pada core dan cavity. Namun,  Anda harus hati-hati menempatkan sistem pendingin tersebut. Sebab selain cavity cetakan itu sendiri, terdapat ejektor pada pelat core, lalu ada sprue dan sistem runner pada pelat cavity. Konstruksi dan cara menghubungkan sistem pendinginan pada mold plate dengan cavity mold cooling akan kita bahas nanti.

Parallel Cooling Channel (Saluran Pendingin Paralel)

Gambar di bawah ini menunjukkan konsep dari saluran pendingin paralel.

paralel cooling

Sistem pendingin dasar pada mold base terdiri dari 4 bagian, diantaranya :

  1. Pipa Pendingin Utama

Biasanya pipa pendingin dibuat dengan cara pengeboran menggunakan lubang bor, semakin panjang lubang bor, disarankan memiliki panjang sekitar 6 mm jika menggunakan sambungan long nipple agar terhubung dengan outer tube. Jika memakai sambungan inner atau nipple dalam setiap pipa pendingin minimal berukuran 12 mm.

  1. Stopper Plug

Seperti pada slider cooling dan cavity cooling stopper plug yang menceah air atau oli pendingin mengalir ke arah yang tidak diinginkan.

  1. Inner Stopper Plug

Fungsinya sama seperti stopper plug, hanya saja metode perakitan dan lokasinya berbeda, dipasang pada bagian dalam pipa pendingin. 

Saluran pendingin paralel di bor lurus melalui manifold cooling pipe suplai, dikarenakan karakteristik desain aliran paralel, laju aliran di sepanjang cooling yang bervariasi akan berbeda, karena tiap-tiap pipa pendingin memiliki hambatan alirannya tersendiri. Akibatnya, pendinginan cetakan tidak akan seragam.

BACA JUGA  perusahaan mold die casting

Series Cooling (Sistem Pendingin Seri)

Gambar di bawah ini menunjukkan konstruksi dan metode pendinginan seri dasar!

series cooling

Bagian-bagiannya sama dengan tipe pendinginan paralel, namun konstruksinya berbeda. Pada  tipe saluran pendingin seri, saluran inlet pendingin dan outletnya terhubung dalam satu loop. Kita bisa mengkonfigurasi aliran dengan menyesuaikan jenis inner stopper plug. Saat mendesain disarankan untuk menggunakan ukuran diameter pendingin yang sama, karena dapat mempertahankan aliran turbulen, aliran turbulen ini memungkinkan perpindahan panas lebih efektif.

Metode Perakitan Panjang dan Pendek Nipple Joint Plug

Mempertimbangkan kekuatan bahan dasar cetakan, jarak yang lebih dekat antara dua jenis nipple plug tidak disarankan. Lihat gambar berikut :

nipple joint plug

Perakitan antara tipe panjang dan tipe pendek Nipple Joint Plug berbeda. Jika memakai tipe panjang, panjang minimum dari kedua sisi adalah 6 mm, kecuali untuk lubang berdiameter kecil harus kurang dari 5 mm, jarak panjang yang lebih kecil bisa diterima.

Jenis sambungan short nipple hampir dirakit di bagian dasar cetakan bagian dalam, karena itu jarak panjang minimum adalah 12,5 mm, meskipun 10 mm saya dapat diterima namun akan sulit merakitnya menggunakan tangan.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah otomatisasi industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Sumber Tulisan :

http://mould-technology.blogspot.com/2008/02/paralel-and-series-cooling-methode-at.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file