sisi inti mold cavity

Desain Konstruksi Pendingin Mold Cavity

Desain Konstruksi Pendingin Mold Cavity

Biasanya perancang cetakan mengetahui bahwa kondisi pendinginan mempengaruhi waktu siklus, dimensi produk, permukaan akhir dan lengkungan atau defect. Beberapa desainer Mold pemula masih bingung untuk membuat layout  dan konstruksi pendinginan dalam cetakan.

Pada artikel sebelumnya, telah dijelaskan tentang pendinginan pada slider. Selain pada slider, pendinginan pada Mold cavity memiliki  peran yang sangat penting. Hal ini dikarenakan hampir sekitar 70-80% produk dibentuk dalam mold cavity.

sisi inti mold cavity

Gambar di atas menunjukkan sisi inti mold cavity, dengan konstruksi dasarnya ialah sebagai berikut :

  1. Plug, untuk mencegah aliran air keluar dari jalur aliran pendingin yang diinginkan.
  2. Pipa pendingin, seperti pada gambar pipa pendingin di atas, hampir semua proses cavity cooling pipe menggunakan jig bor untuk membuat lubang panjang yang dijadikan cooling pipe.
  3. In atau out hole, lubang ini juga dibuat menggunakan jig bor. Lubang ini akan menempel pada plat rongga yang disesuaikan dengan layout pendinginan di dalam mold base.
  4. Sementara, warna oranye pada gambar di atas menunjukkan bentuk lubang sisipan produk.

Dari sini Kami akan memposting konstruksi dasar dalam rongga tunggal, cek gambar di bawah untuk mempelajari lebih lanjut!

aliran proses pendinginan mold cavity

Gambar di atas menunjukkan aliran proses pendinginan pada cavity mold jika dilihat dari atas. Ada lubang tempat mengalirnya aliran air masuk dan keluar. Lihat gambar di bawah!

layout pendinginan mold base

Pada gambar di atas, kita akan membuat lubang di bagian bawah inti untuk menghubungkan cavity dan layout pendinginan mold base.

Tips Desain Pipa Pendingin Untuk Cavity (Rongga)

  1. Pastikan sisi pipa pendingin memiliki panjang yang sesuai dari sisipan, minimal berukuran 3 cm.
  2. Pilih diameter lubang terbaik, mulai dari 6 cm, 8 cm, atau 10 cm.
  3. Ketika proses injeksi dimulai, pastikan untuk menggunakan perhitungan agar terjadi proses aliran turbulen pada pipa pendingin.
  4. Buat pipa berukuran lebih panjang dengan tujuan untuk membuat aliran turbulen.
BACA JUGA  Jasa Pembuatan spare part Dies di Bekasi

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah otomatisasi industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Sumber Tulisan :

http://mould-technology.blogspot.com/2008/01/cavity-mold-cooling-construction-design.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file