masking painting

Jasa Desain dan Pembuatan Jig Masking Painting

Salah satu portofolio Sentra adalah mendesain dan Pembuatan Jig Masking Painting. Masking Painting merupakan salah satu jenis jig & Fixture yang digunakan untuk menutupi bagian bagian dari sebuah Produk ( Wheel) yang tidak ingin terkena cat. Masking painting ini terbuat dari material stainless steel SUS 304, dengan harapan terbebas dari korosi yang mungkin terjadi dalam waktu jangka panjang. Sangat diperlukan ketelitian khusus agar cat tidak masuk ke celah antara jig namun tetap mudah dibongkar pasang.

Masking Painting merupakan alat bantu dalam proses painting Casting Wheel (C/W) atau Velg. Masking painting sendiri banyak sekali model / bentuk tergantung dari jenis C/W itu sendiri. C/W disini khusus sepeda motor dan C/W terbagi menjadi 2 yaitu  C/W Front dan C/W Rear. C/W front dan Rear juga terbagi 2 jenis / desain yaitu untuk jenis cakram atau tromol, dari segi kontuksi Maskingnya pun berbeda.

Masking Painting kebanyakan menggunakan material Stainless Steel tipe SUS 304. Mengapa menggunakan material SUS 304? karena material jenis ini tahan terhadap korosi. Karena bila menggunakan material dari jenis lain dapatmenimbulkan korosi yang mengakibatkan dapat merusak C/W tersebut.

Dalam proses pembuatannya terbagi menjadi 2 yaitu:

Assy Jig Masking Painting dengan system welding.

Dalam proses pembuatan Masking Painting dengan system welding ini membutuhkan waktu yang lebih lama. Dalam proses pengerjaannnya ada beberapa tahapan yang pertama proses welding kaki-kaki Masking Painting (kami menyebutnya dengan istilah Cangklong). Setelah itu digabungkan dengan body utama bersamaan dengan Plate yang menutupi bagian Masking (kami menyebutnya dengan istilah Tapal Kuda). Dalam proses assynya menggunakan proses welding. Dan memerlukan jig dalam penggabungan Cangklong, Body, dan Tapal Kuda.

Jig ini berfungsi untuk menahan / menjaga part-part tersebut tidak terjadi deformasi akibat panas (melenting). Dalam proses pembuatan part-part Masking painting menggunakan mesin bubut manual, milling manual, Bubut CNC, laser cutting serta proses welding.

Pembuatan Masking Painting
Jig Masking Painting

Assy Jig Masking dengan system Knock Down (Bongkar Pasang)

Dalam proses pembuatan jig Masking Painting dengan sistem Knock Down (Bongkar Pasang) tidak memerlukan waktu yang lama. Dalam proses assembling tidak memerlukan jig assy. Karena hanya menggabungkan beberapa part lalu dikencangkan menggunakan baut. Tetap ada sedikit proses welding tetapi tidak full hanya tek weld saja dibeberapa titik.

BACA JUGA  Jasa Desain dan Pembuatan Jig Washing menggunakan Mesin CNC CNC

Dengan cara Assy tersebut, pada dasarnya bisa menghemat waktu dalam proses pembuatannya. Selain menghemat waktu Assembling, material yang di gunakanpun relatif sedikit.

Dalam proses pembuatan part-part Masking painting tersebut menggunakan mesin bubut manual, milling manual, Bubut CNC, laser cutting serta proses welding untuk menggabungkan / assembling  Sebagian part-partnya.  

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa desain dan pembuatan spare part molding, Jig dan Fixture. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di industri plastic baik sekala UMKM maupun skala besar.

Fungsi Masking Painting

Walaupun proses pembuatannya bisa berbeda, namun dari segi fungsinya sama. Masking Painting berfungsi untuk menutupi dan melindungi bagian-bagian tertentu C/W atau Velg agar tidak terkena cat (proses painting). Bagian-bagian yang ditutupi adalah bagian tempat piringan cakram dan tromol C/W atau Velg.

sumber : https://youtu.be/xTYVh1LoGpU

Untuk memastikan bagus atau tidaknya Masking Painting. Anda bisa lihat hasil setelah proses painting terhadap C/W atau Velg, Apakah ada kebocoran pada bagian yang tidak seharusnya kena cat? Bila ada cat yang menempel bagian tersebut, maka masking tersebut sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Dalam proses pembuatannya ada beberapa hambatan terutama dalam proses welding antara Cangklong, Body dan Tapal kuda. Biasanya terjadi melenting di area cangklong ke body, cangklong akan deformasi ke arah keluar, padahal dalam proses pengelasannya sudah menggunakan jig.

Namun hambatan itu dapat kami atasi dengan baik. Para staff dan operator berhasil mendapatkan solusi. Dalam proses welding ini, Kita menyiasatinya dengan cara dikompres menggunakan kain basah untuk meminimalisir deformasi.

Pembuatan Masking dengan sistem knock down lebih mudah. Karena penggabungannya menggunakan cara sederhana. yaitu dengan cara mengencangkan baut pengikat. Cara tersebut meminimalkan proses welding.

Cara seperti ini merupakan cara terbaru yang kami kembangkan ke depannya, walaupun belum semua tipe Masking Painting dibuat seperti ini (knock down).

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa desain dan pembuatan spare part molding, dan Jig dan Fixture.

Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file