Simulasi

Mengapa Simulasi Sangat Penting untuk Mendorong Era Manufaktur Berikutnya – 1/3

Bagikan

Simulasi

Ketika ide-ide suatu produk menjadi lebih komplek, para konsumen akan mencari mitra kerja yang mempunyai kemampuan dalam membantu merubah ide-ide atau konsep-konsep tersebut menjadi sebuah produk yang handal, efisien dan dapat diproduksi dengan cepat. Paul Baldassari dari Flex akan berbagi cerita bagaimana simulasi akan memainkan peranan penting dalam proses ini.

Dalam Artikel forbes baru-baru ini yang membahas masa depan manufaktur, jika kita melihat ke tahun ke 2018, persentase perusahaan manufaktur yang berhasil bertransformasi jauh lebih kecil dari rata-rata 28% untuk perusahaan di industri lainnya. Ini bisa menjadi salah satu indicator bahwa  dunia industri  sudah ketinggalan zaman dalam banyak hal.” 

Apa yang menyebabkan terjadinya ketinggalan zaman tersebut? Di antaranya adalah, pendekatan yang lambat dan resisten terhadap transformasi digital ini, dikombinasikan dengan peningkatan permintaan produk dari konsumen dan juga akibat dari pandemi global yang menciptakan pembatasan perjalanan yang signifikan serta gangguan rantai pasokan yang dapat mendorong produksi terhenti secara total.

Masa depan transformasi digital di bidang manufaktur perlu difokuskan pada pembangunan portofolio teknologi canggih yang memberikan efisiensi, kualitas, dan keberlanjutan yang lebih besar bagi para konsumen. 

Ketika orang berpikir tentang teknologi manufaktur digital, mungkin yang pertama kali muncul di pikirannya adalah proses otomatisasi dan robotika. Otomatisasi dan robotika memang sangat penting di dunia manufaktur, akan tetapi ada satu teknologi yang sebagian besar orang mengabaikannya walaupun teknologi tersebut akan memainkan peranan penting di era baru proses manufaktur, yaitu SIMULASI.

Simulasi
Pentingnya Simulasi

Manfaat dan keuntungan menggunakan Simulasi

Kekuatan simulasi adalah dapat mendorong diskusi yang tepat sasaran sejak  awal, baik yang dilakukan dengan para konsumen, mitra pemasok, vendor peralatan, dan para pakar internal perusahaan sebelum memproduksi suatu produk. 

BACA JUGA  Apa, Mengapa, dan Kapan Anda Membutuhkan Pemesinan Pesanan Khusus? - 2/2

Bagaimana layout suatu pabrik akan dibuat ?  Bagaimana aliran produk melalui setiap lini proses, apakah adakah area  yang masih dapat dioptimalkan? Berapa lama waktu prosesnya dan bagaimana agar harapan konsumen  dapat terpenuhi?  Seperti apa hasilnya ? Berapa banyak karyawan yang kita butuhkan untuk mendukung penyelesaian suatu proyek? Adakah sesuatu yang terlewatkan?

Di masa lalu, para konsumen akan berkunjung ke pabrik untuk melihat secara langsung bagaimana suatu produk akan dibuat melalui setiap jalur proses sampai didapat hasil produk akhirnya . Ketika Anda perlu mengubah jalur proses atau pengaturan pabrik akan membutuhkan proses manual yang melelahkan yang bisa memakan waktu berbulan-bulan. Dan jika itu ternyata bukan merupakan perubahan yang tepat? Maka Anda akan kembali ke titik awal, kembali ke pengaturan awal, dan akan membuang-buang waktu serta biaya.

Baca Selanjutnya Mengapa Simulasi Sangat Penting untuk Mendorong Era Manufaktur Berikutnya – 2/3

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file