Perhitungan Waktu Pendinginan Pada Mold Injeksi

Perhitungan Waktu Pendinginan Pada Mold Injeksi

Ada beberapa cara yang digunakan untuk menghitung waktu pendinginan dalam Mold injeksi. Cara termudah tentu saja menggunakan metode numerik. Anda bisa membeli paket software seperti mold flow, C-Mold atau metode kompilasi bahasa numeric  juga tersedia di pasaran. Namun untuk detail dan perhitungan secara spesifik, sebaiknya tulis persamaan Anda sendiri berdasarkan masalah, kemudian tulis dalam bahasa pemrograman dan pahami hasilnya untuk optimasi selanjutnya.

Kenapa perlu Pendinginan?

Industri plastik adalah salah satu jenis industri yang pertumbuhannya paling cepat di dunia. Bahkan menduduki peringkat sebagai salah satu diantara industri yang bernilai miliaran dolar. Hampir setiap produk yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari melibatkan penggunaan plastik. Sebagian besar produk ini bisa diproduksi menggunakan metode cetakan injeksi plastik. 

Injection molding adalah proses terpenting dalam pembuatan plastik. Sangat cocok untuk produk yang diproduksi secara massal. Karena bahan baku bisa diubah menjadi cetakan dengan prosedur tunggal. Proses pencetakan injeksi plastik sendiri berupa proses siklik.( https://byjus.com/physics/cyclic-process/)

Fase pendinginan pada proses pencetakan injeksi mengambil porsi sebanyak 75% dari keseluruhan waktu siklus. Maka dari itu, pengurangan waktu pendinginan pada gilirannya bisa mengurangi waktu siklus keseluruhan dan karena meningkatkan rata-rata produksi atau  throughput rate.

Secara eksperimen, waktu pendinginan didefinisikan sebagai waktu yang dibutuhkan untuk tekanan pada sensor utama agar dapat kembali lagi ke tekanan atmosfer, setelah dilakukan injeksi tembaan secara berturut-turut. Polimer cair mendingin dan mengeras dalam cetakan.

Desain sistem pendingin terutama didasarkan dari pengalaman perancang. Namun pengembangan baru proses prototyping yang cepat memugkinkan untuk memproduksi bentuk saluran yang sangat kompleks. Jadi desain sistem pendingin harus dirumuskan sebagai masalah optimasi proses perpindahan panas yang terjadi pada bagian plastik dan di dalam cetakan selama pencetakan injeksi termoplastik memang cukup rumit. 

mold injeksi

Menentukan Formula Waktu Pendinginan

Ada beberapa metode perhitungan waktu pendinginan yang bisa dijadikan sebagai referensi Anda, diantaranya :

BACA JUGA  Konstruksi Pada Cavity Cooling dan Mold Base Cooling, Dengan O Ring

Metode Ballman dan Shusman

Mereka mengusulkan formula ini untuk menghitung waktu pendinginan pada proses cetakan injeksi.

Adapun keterangannya sebagai berikut :

  • t = Waktu pendinginan dalam detik (secon)
  • S = Ketebalan rongga maksimum (mm)
  • α = difusivitas
  • θi = suhu leleh pada injeksi (oC)
  • θw = suhu cetakan (oC)
  • θe = suhu ejeksi (oC)

Suhu ejeksi dikatakan sebagai suhu defleksi panas (HDT) termoplastik. Akan tetapi, diakui bahwa HDT bukanlah konstanta material melainkan sangat bergantung dari kondisi tekanan pemrosesan dan ketebalan sampel serta jenis materialnya itu sendiri.

Metode Busch, Field dan Rosato

Mereka mengusulkan kombinasi metode teoritis dan statistic untuk mendapatkan persamaan berikut dalam memperkirakan waktu pendinginan.

Keterangan :

Wp    = Berat bagian

Ncav = Jumlah rongga cetakan.

Metode Kirch dan Menges

Biasanya digunakan pada material semi Kristal.

Metode J.Z. Liang dan J.N. Ness

Mereka menggunakan formula baru berdasarkan metode analitik. Dengan pemilihan suhu ejeksi yang representatif, persamaan berikut dapat menentukan waktu pendinginan bagian polimer dalam cetakan injeksi :

Mana yang Terbaik?

Untuk menemukan perhitungan suhu pendinginan yang terbaik, Anda harus membandingkan berbagai macam formula dengan suhu ejeksi yang sama dan parameter lain yang ditetapkan sama. Lalu bandingkan hasilnya dengan pengaturan yang disarankan atau hasil yang sebenarnya dalam proses injeksi, tentu saja hal ini bisa dilakukan pada jenis material yang sama.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah otomatisasi industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Sumber tulisan http://mould-technology.blogspot.com/2012/07/the-calculation-of-cooling-time-in.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file