Bagaimana Proses Jetting Terjadi Pada Pencetakan?

Bagaimana Proses Jetting Terjadi Pada Pencetakan?

Proses Jetting atau pengaliran terjadi ketika lelehan polimer didorong dengan kecepatan tinggi melalui area terbatas dan sempit (seperti gate, runner atau nozzle) menuju ke area terbuka yang lebih tebal, dan tanpa terjadi kontak dengan dinding cetakan. Jetting stream atau Aliran yang melengkung seperti  mengula, akan  menyebabkan terbentuknya contact point di antara lipatan lelehan dalam jet. Sehingga  dapat menghasilkans seperti bentuk “pengelasan” berskala kecil. Terjadinya jetting ini dapat menyebabkan  kelemahan pada bagian produk, menimbulkan cacat pada permukaan dan kemungkinan akan banyak cacat internal.

Jetting ini biasanya disebabkan pleh kecepatan Ram yang terlalu berlebihan, posisi gate yang kurang baik, tidak cukupnya system hot runner pada desain. Serta kurang baiknya cairan plastic Ketika bersebutuhan dengan detakan.

Kecepatan Injeksi yang terlalu Berlebihan

Kecepatan injeksi (laju pengisian) yang berlebihan akan menyebabkan plastik cair membentuk aliran jet ketika didorong melalui gate alih-alih membentuk material “tongue”  atau sisa yang diinginkan . Aliran yang mengular ini akan mendinginkan material yang ada disekitarnya dengan sendirinya dan terlihat pada permukaan bagian yang dicetak.

Jika hal ini terjadi, sebagai solusinya Anda harus mengurangi kecepatan injeksi yang memungkinkan bagian depan aliran plastik akan tetap bersama dan tidak membentuk aliran sendiri yang menimbulkan pola jetting di permukaan bagian. 

Suhu Barrel Terlalu Tinggi atau Terlalu Rendah

Jika suhu barrel terlalu rendah, maka material tidak akan bisa dipanaskan ke suhu yang tepat untuk dapat mengalir dengan baik. Material akan terdorong secara perlahan ke dalam cetakan dan aliran bagian depan akan pecah menjadi beberapa bagian aliran saat resistensi meningkat. Inilah yang bisa menimbulkan pola jetting atau pengaliran terjadi. 

Di sisi lain, jika suhu barrel terlalu tinggi, material justru didorong terlalu cepat ke dalam cetakan. Hal ini menyebabkan bagian depan aliran akan terbelah ketika memasuki rongga dan pola jetting akan semakin berkembang.

Untuk mengatasinya kurangi atau naikan suhu barel sesuai kebutuhan. Penyedia material bisa merekomendasikan titik awal suhu barrel terbaik dan bisa disesuaikan berdasarkan titik tersebut. Buat perubahan dalam peningkatan setiap 12 derajat celcius dan pertahankan profil agar proses pemanasannya lebih progresif dari bagian belakang ke depan.

proses jetting

Pembukaan Nozzle Kecil

Jika bukaan nozzle terlalu kecil untuk material yang dicetak, pembatasan bisa menyebabkan material mengalir terlalu lambat dan mengalami pengerasan lebih awal. Bagian aliran bisa terpecah ketika melewati gate (akibat gesekan dinding bagian samping) dan pola jetting bisa berkembang.

BACA JUGA  Video Pemahaman Dasar Proses Injeksi Cetakan

Solusinya, tingkatkan bukaan nozzle. Sebagai ketentuan umum, diameter bukaan nozzle tidak boleh kurang dari 7/32 inchi. Dimana semakin kaku aliran material, semakin besar pula bukaan yang seharusnya. Pastikan diameter bukaan pada sprue bushing cocok atau 1/32 inchi lebih besar dari bukaan nozzle.

Suhu Nozzle Rendah

Ketika material injeksikan melalui pemanas barrel; maka ia akan dinaikkan secara bertahap ke suhu pemrosesan yang ideal; dengan menyerap panas dari band pemanas dan friction heat yang diciptakan akibat aksi gesekan pada rotating screw dalam barrel. Ketika bahan sampai ke nozzle; seharusnya sudah berada dalam suhu pencetakan yang ideal; dan hanya sedikit panas yang diperlukan di titik ini untuk menjaga agar resin tetap mengalir. Akan tetapi, jika nozzle tak cukup panas. Maka bahan akan mendingin terlalu cepat ketika meninggalkan barrel dan bagian depan aliran tidak akan mengalir dengan baik. Akhirnya terpecah ke dalam banyak aliran serta mengakibatkan pola jetting.

Sebagai solusinya, naikan temperature nozzle. Suhu nozzle harus diatur 12 derajat C lebih tinggi daripada pengaturan untuk zona bagian depan barrel. Ini bertujuan untuk mengkompensasi kehilangan panas akibat kontak dari logam ke logam antara nozzle; dan menjaga material cukup panas untuk mengalir dengan baik, menghilangkan jetting.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah otomatisasi industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file