Pelajari Cara Menguasai Manajemen Stok dalam 5 Langkah Mudah

Manajemen stok yang efektif adalah kunci untuk menjaga bisnis Anda tetap berjalan dengan baik. Jangan biarkan stok Anda tidak terkendali dan belajarlah bagaimana cara menguasai manajemen stok dengan 5 langkah mudah ini hari ini.

Analisis Kebutuhan dan Volume Penjualan Anda

Salah satu cara untuk meningkatkan stok manajemen adalah dengan menganalisis kebutuhan dan volume penjualan Anda.

Ini memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa banyak barang yang Anda butuhkan dan berapa banyak yang terjual setiap bulannya.

Dengan melihat tren produksi, permintaan, dan pembelian selama beberapa bulan. Anda akan dapat memprediksi tingkat stok yang diperlukan dalam jangka panjang.

Hitung Titik Pemesanan Ulang dan Kuantitas Anda

Untuk mengelola stok Anda secara efektif, Anda perlu menghitung titik dan kuantitas pemesanan ulang Anda. Ini akan membantu Anda menentukan kapan Anda perlu memesan lebih banyak produk dari pemasok dan berapa banyak inventaris yang optimal untuk bisnis Anda.

Pertama-tama kenali waktu tunggu Anda; waktu yang diperlukan untuk pengiriman baru tiba setelah Anda melakukan pemesanan. Kemudian gunakan nomor ini untuk mengetahui berapa banyak inventaris yang tersisa pada saat tertentu, termasuk pembelian terbaru.

Terakhir, putuskan titik pemesanan ulang Anda – saat di mana hanya ada cukup inventaris yang tersisa sehingga lebih bijaksana untuk melakukan pemesanan lagi.

BACA JUGA  Dasar-dasar Pengelolaan Stok Yang Efektif Yang Harus Anda Ketahui

Menerapkan Sistem yang Kuat untuk Melacak Level Stok

Untuk membuat sistem manajemen stok yang sukses; Anda perlu mengaturnya dan menerapkannya di seluruh bisnis Anda.

Sistem yang kuat akan memberi tim Anda wawasan yang akurat tentang tingkat stok saat ini dan di masa mendatang; yang sangat penting untuk manajemen yang efisien.

Ada berbagai program perangkat lunak yang tersedia atau Anda dapat menggunakan spreadsheet sederhana pada tahap awal pengelolaan inventaris.

Saat mengatur sistem Anda, lacak seluruh proses pembelian mulai dari pemesanan hingga penerimaan dan penyimpanan barang di tempat.

Ini akan memastikan bahwa masalah kinerja diidentifikasi dengan cepat dan ditangani sesegera mungkin.

Mengoptimalkan Penyimpanan Inventaris dan Strategi Lokasi

Cara Menguasai Manajemen Stok

Penyimpanan inventaris yang tepat merupakan bagian integral dari manajemen stok. Setelah Anda menentukan inventaris apa yang harus dipertahankan; langkah selanjutnya adalah memutuskan di mana menyimpannya dan berapa banyak ruang yang dialokasikan untuk setiap item.

Memaksimalkan efisiensi gudang dengan solusi penyimpanan yang meningkatkan kepadatan penyimpanan dan membuat akses menjadi cepat dan mudah.

Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan solusi penyimpanan jarak jauh untuk produk yang jarang digunakan atau mahal untuk disimpan. Ini dapat membantu Anda menghemat uang dalam jangka panjang.

Pantau Efisiensi Rantai Pasokan Secara Berkala

Rantai pasokan adalah tulang punggung manajemen stok yang efisien, dan sangat penting untuk memantau kinerjanya secara teratur.

Untuk memastikan barang dikirim tepat waktu, pertahankan catatan detail pengiriman dan lacak inventaris di setiap tahap sepanjang jalan.

Selain itu, evaluasi data pengiriman keluar untuk menangani ketidaksesuaian dan penundaan tak terduga secara efektif.

Ini juga membantu Anda mengidentifikasi kemacetan dalam proses Anda sehingga Anda dapat menyesuaikan operasi Anda sesuai dengan itu.

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file