Panduan Praktis Pengelolaan Stok Suku Cadang dalam Perusahaan

Mempunyai persediaan layanan yang strategis; memberikan kinerja secara konsisten sekaligus dapat meningkatkan layanan. Salah satu panduan praktis pengelolaan stok suku cadang ialah untuk menyediakan suku cadang yang tepat; jumlah, tempat, dan waktu yang tepat serta dapat meningkatkan kualitas perusahaan.

Pengelolaan Suku Cadang dalam Perusahaan

Perawatan yang efektif adalah kontributor penting untuk kinerja pengoperasian peralatan dan biaya investasi perawatan. Maka dari itu, ruang lingkup manajemen suku cadang mencakup keseluruhan fungsi; mulai dari pemasok sampai penggunaan.

Ada beberapa tahapan pengelolaan suku cadang; antara lain identifikasi dan pengkodean, klasifikasi kekritisan, pengadaan, inspeksi kualitas, kebijakan stok, manajemen pemasok dan kinerja internal.

Berikut adalah panduan praktis pengelolaan stok suku cadang dalam perusahaan :

1. Kontrol Stok Inventory

Perusahaan yang mempunyai stok persediaan produk, dapat memberikan kerugian yang cukup mudah. Apabila stok spare part dalam jumlah yang besar namun arus penjualannya kurang. Maka bisa menyebabkan penumpukan dan kerusakan pada spare part.

Penting untuk diketahui, penyusutan biasanya tidak selalu karena adanya pencurian. Bisa saja akibat kesalahan dalam penyimpanan bisa menyebabkan spare parti hilang.

Sehingga, ada beberapa hal yang harus Anda ambil guna meminimalisir terjadinya kerugian.

Berikut cara mengontrol persediaan suku cadang secara efektif :

Catatan Transaksi Stok

Jika anda ingin mempunyai kontrol persediaan yang memadai maka semua transaksi wajib dicatat. Beberapa pencatatan transaksi tersebut antara lain; penerimaan dan pengeluaran stok, transaksi perhitungan dan pengembalian barang ke supplier.

Kontrol Fisik

Supaya stok dari suku cadang bisa anda Kelola dengan baik, maka wajib disimpan di tempat yang aman dan akses terbatas.

BACA JUGA  Pandangan Mendalam tentang Praktek Manajemen Stok

Pastikan tempat penyimpanan tersebut hanya bisa diakses staff berwenang saja. Apabila terlalu banyak pihak yang mengaksesnya, bisa menimbulkan masalah besar.

Akuntabilitas

Mengelola persediaan barang yang tepat tentu saja memerlukan akuntabilitas. Saat memproses transaksi dalam persediaan barang, anda harus mencatatnya.

Pastikan catat waktu dan tanggal, hingga orang yang menjalankan transaksi.

Lakukan Stock Opname

Penting juga melakukan audit terhadap pengontrolan inventory dengan cara stock opname berkala. Setelah itu, Anda harus melaporkan perubahan nilai dan jumlah suku cadang ketika stock opname.

Panduan Praktis Pengelolaan Stok

2. Mengontrol Penjualan

Kontrol spare part yang dipakai sangat membantu meminimalisir penyusutan. Selain itu, transaksi mengenai inventory pembelian maupun pengembalian harus dilacak serta dikendalikan.

Caranya adalah dengan mencatatnya menggunakan program atau software inventory anda.

Ingat, jangan pernah melakukan proses persediaan stok tanpa mencatatnya. Sebab rentan mengalami kerugian.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kehilangan :

Pembayaran dan Penerimaan Invoice Suppler

Ketika pengiriman suku cadang, maka ada invoice terkait pembelian. Dengan membuat purchase invoice tersebut dalam program anda dapat membuat catatan transaksi pembelian.

Melacak Return Pembelian

Ketika suku cadang anda dikembalikan lagi ke supplier, maka penting sekali untuk dilacak lewat pengembalian supplier.

3. Catat Setiap Pergerakan Stok

Anda harus mencatat setiap pergerakan stok persediaan suku cadang. Seperti pembelian untuk stok inventory sampai service order.

Dengan mencatatnya, maka anda bisa melacak siapa saja yang telah mengeluarkan suku cadang tersebut dan kapan dikeluarkannya.

Fungsinya adalah untuk memastikan spare part digunakan dengan baik. Dengan mencoba Panduan Praktis Pengelolaan Stok Suku Cadang dalam Perusahaan di atas. Maka ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Antara lain manajemen anggaran pembelian spare part menjadi lebih terkontrol; dan meminimalisir pengeluaran dengan cara memilih penyedia terbaik; yang dapat mengganti spare part yang tepat sesuai jenis mesin.

Anda bisa bekerja sama dengan Sentra Teknika Prima sebagai penyedia suku cadang ternama.

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file