Cara Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Stok Suku Cadang

Pengelolaan stok dalam suku cadang di workshop atau bengkel; biasanya melibatkan sistem pengelolaan alur spare part yang masuk maupun keluar Gudang. Proses pemantauan pergerakan pada suku cadang; rencana, jadwal pengiriman tepat waktu dan perencanaan layout.

Apabila stok dalam suku cadang tidak dikelola secara maksimal. Maka bisa membuat staff yang ada di Gudang kesulitan; bahkan bisa menghambat kinerja staf mekanik yang ada di bengkel.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan efisiensi pengelolaan stok suku cadang?

1. Menyusun Tata Letak Gudang

Menyusun layout tempat penyimpanan dengan baik dpaat memudahkan para staf Gudang sekaligus dapat meningkatkan efisiensi; melalui pengelompokkan produk terlaris dengan cara berkelompok.

Tujuannya adalah dapat mempermudah pencarian; sekaligus dapat mengurutkannya sesuai kategori jenis mobil atau suku cadang.

2. Terima Stok Dengan Teliti

Ketika menerima spare part baru ke Gudang, sebaiknya lakukan verifikasi dan pengecekan secara langsung. Apabla ada kerusakan atau kekurangan; Anda dapat membuat catatan segera supaya tidak menyulitkan.

Sesudahnya, Anda bisa menyusun sesuai dengan posisi yang telah ditentukan; supaya mengetahui jumlah barang yang habis dan yang masih tersedia.

3. Pelatihan Karyawan Secara Rutin

Proses dalam sebuah bisnis memang terus berubah sepanjang waktu. Maka Anda harus memastikan informasi yang diterima karyawan bersifat uptodate.

Anda bisa melakukan pelatihan dengan cara berkala; melaksanakan pelatihan silang supaya para staf atau karyawan mempunyai keterampilan dalam menangani beberapa pekerjaan di dalam Gudang.

BACA JUGA  Rancangan Karakuri Kaizen: Memperbaiki Proses dengan Kreativitas Mekanis

4. Menjaga Keamanan Lingkungan di Gudang

Menjaga keamanan lingkungan penting sekali agar pikiran tetap tenang. Bukan hanya mengamankan stok spare part saja; tetapi juga demi memastikan operasional di Gudang dapat berjalan baik.

5. Memisahkan Antara Stok yang Baru dan Lama

Langkah selanjutnya adalah pisahkan antara stok yang baru dan yang lama. Supaya anda tidak kebingungan ketika melakukan stock opname.

Pebisnis seringkali mencampur stok baru dengan stok yang lama tanpa sengaja. Sehingga bisa mengalami kesulitan ketika mengecek stok.

Oleh karena itu, memisahkan stok barang tersebut juga berguna untuk memudahkan proses perhitungan stok barang yang lama. Baik yang telah terjual atau pun yang belum laku di pasaran.

6. Memakai Software Inventory Dengan Tepat

Inventory dilakukan oleh staf menggunakan program atau software khusus inventory. Bahkan Anda dapat memilih software inventory untuk bengkel atau industri manufaktur yang bisa dimanfaatkan; ketika menangani spare part sekaligus dapat membantu melakukan pengelolaan suku cadang.

Silahkan pilih software mana yang tepat untuk bisnis Anda.

Apa Pentingnya Pengelolaan Stok Suku Cadang?

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai pentingnya pengelolaan stok pada suku cadang, antara lain :

Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Stok

1. Persediaan yang Kurang Dapat Diantisipasi

Untuk perusahaan produksi barang khususnya; keterlambatan supply barang tentu saja bisa menghambat produksi.

Walaupun biasanya telah dibuat jadwal; namun bisa saja keterlambatan terjadi akibat beberapa faktor. Dari sini lah Anda memerlukan manajemen persediaan guna mengantisipasi keterlambatan.

Supaya lebih aman; hubungi supplier terlebih dahulu demi memastikan kedatangan barang produksi jauh sebelum kedatangan.

2. Menjamin Kelancaran Dalam Proses Produksi

Tentu saja proses produksi yang lancar sangat dibutuhkan bagi kelancaran bisnis. Sehingga, manajemen persediaan perlu mengontrol kelancaran dalam proses tersebut. Agar pelanggan bisa tetap memperoleh apa yang mereka butuhkan sekaligus mendapatkan keuntungan.

3. Memastikan Supply Selalu Tersedia

Dengan manajemen produksi, Anda juga harus melakukan antisipasi jika kebutuhan persediaan akan sulit dijumpai di pasaran.

Hal tersebut bisa jadi karena keterlambatan produksi mengenai bahan tersebut; karena stok habis, maupun alasan lainnya.

Itulah cara meningkatkan efisiensi pengelolaan stok barang dan pentingnya bagi kelancaran bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file