layanan-pemesinan-cnc

Bagaimana Mengelola Anomali Produksi Di Bengkel Pemesinan Prototipe?

Manajemen anomali produksi di lokasi produksi mengacu pada serangkaian tindakan dan manajemen. Tindakan dan sarana manajemen yang dikembangkan untuk mendeteksi, mengendalikan, dan mengatasi kesalahan, keadaan darurat, dan situasi yang tidak terkendali dalam proses produksi. Terutama dalam melayani pesanan reguler dalam bentuk perputaran produksi yang pendek dan volume yang rendah. Bengkel pemesinan prototipe memiliki manajemen khusus untuk bereaksi terhadap kasus anomali produksi tersebut. Pada Artikel kali ini, anda akan dijelaskan tentang Bagaimana Mengelola Anomali Produksi Di Bengkel Pemesinan Prototipe?

Kasus anomali produksi di bengkel pemesinan prototipe bisa saja muncul kapan saja dan pada tahap manapun. Bisa saja muncul pada saat pembelian bahan, pembuatan prototipe dengan pemesinan CNC, penundaan produksi, kontrol kualitas, dll. Setiap anomali produksi dalam alur kerja akan berdampak lebih lanjut dan akhirnya mempengaruhi kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan manajemen spot-to-spot untuk merespon anomali produksi secara cepat dan tepat waktu agar tidak terulang kembali.

Lima Langkah Untuk Mengelola Anomali Produksi Di Bengkel Pemesinan Prototipe

Umumnya, bengkel pemesinan prototipe mengelola anomali produksi pada aliran produksi dalam lima langkah untuk meminimalkan tingkat kemunculannya, mulai dari Persiapan, Penemuan, Tindakan, Penelusuran Penyebab dan Tindak Lanjut, hingga Pertemuan PembahasanTopik untuk Tindakan Pencegahan.

Langkah 1 – Persiapan

–           Tentukan anomali produksi di setiap proses, seperti dalam pembelian bahan baku, pemrograman CNC, pemesinan CNC, finishing manual dengan tangan, dll.

–           Merumuskan peraturan dan prosedur dokumen tentang masalah anomali produksi, seperti <Laporan Tindakan Korektif dan Pencegahan> Laporan 8D.

BACA JUGA  Pemesinan CNC Prototipe Untuk Validasi Desain - 4/4

Langkah 2 – Temukan Anomali Produksi

–           (Temukan orang) hentikan  kehilangan waktu, dan beri tahukan situasi anomali (proses, derajat, jumlah …) kepada personel terkait dan atasan;

–           (Pengambil keputusan) Konfirmasi anomali di tempat dan tanggap darurat langsung di lokasi.

Langkah 3 – Tindakan

–           Mengevaluasi derajat  kehilangan dari anomali dan membuat solusi yang sesuai;

–           Mengkoordinasikan departemen terkait untuk melakukan solusi dan menyelesaikannya dalam waktu cepat.

Langkah 4 – Menelusuri dan Menindaklanjuti Penyebab

–           Cari tahu kemungkinan penyebabnya dan ambil tindakan pencegahan untuk menghindari beberapa masalah yang terjadi;

–           Menindaklanjuti efektivitas tindakan dalam jangka panjang.

Langkah 5 – Pertemuan Pembahasan Topik Tentang Tindakan Pencegahan

–           Berikan pembelajaran kepada semua karyawan untuk topik khusus, mengetahui bagaimana hal itu terjadi dan bagaimana pemulihannya, dan yang lebih penting, bagaimana mencegahnya.

Ingin tahu cara mengoptimalkan bengkel pemesinan CNC Anda, Anda bisa membaca blog Kemungkinan Anomali dan Kasus Produksi Di Bengkel Prototipe.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

1 thought on “Bagaimana Mengelola Anomali Produksi Di Bengkel Pemesinan Prototipe?”

  1. Pingback: Kemungkinan Anomali dan Kasus Produksi Di Bengkel CNC Prototipe

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file