metrologi industri

METROLOGI & INDUSTRI 4.0 – 2/3

Mempelajari Industri 4.0

Penggerak utama yang kompetitif bagi produsen saat ini adalah produksi yang efisien; itulah sebabnya solusi Industri 4.0 menggunakan teknologi digital untuk merangsang inovasi dan meningkatkan proses produksi; serta  mendapatkan daya dukung di semua sektor industri utama. Ketika teknologi ini ditingkatkan dan menjadi lebih murah, sebagai tren, Industri 4.0 akan menjadi semakin penting.

Baca Sebelumnya METROLOGI & INDUSTRI 4.0 – 1/3

Dasar-dasar konsep Industri 4.0 mengharuskan bisnis menginterogasi model kompetitif mereka dan fokus pada peningkatan kapasitas; untuk menghasilkan produk yang lebih hemat biaya melalui digitalisasi seluruh proses produksi.

Saat ini,  banyak perusahaan mengharuskan untuk menilai ulang seluruh rantai nilai mereka secara menyeluruh, dan menerapkan cara berpikir dan cara mengatur perangkat yang berbeda, menggabungkan dunia fisik, digital, dan virtual bersama-sama. Industri 4.0 mendorong integrasi sistem produksi cerdas dan teknologi informasi canggih; dan merupakan dasar bagi fondasi dan masa depan banyak produsen terkemuka dunia.

Promosi strategi manufaktur digital sangat penting bagi banyak perusahaan manufaktur; jika mereka ingin tetap kompetitif di tahun-tahun mendatang. Dan inti dari semua ini adalah pemeriksaan, analisis, dan pengubahan data. Dari perspektif ini, peran solusi metrologi 3D sangat jelas; dan ini lebih dari sekadar memeriksa kesalahan QA sesekali dalam proses produksi.

metrologi industri
metrologi industri 4.0

Kekuatan Data Berbasis Metrologi

Untuk Industri 4.0, penggunaan data yang banyak adalah kuncinya, seperti halnya pergerakan dan penggunaannya di hulu dan hilir dalam proses pengembangan produk, dengan algoritma yang disesuaikan dengan proses manufaktur untuk dapat  memastikan produksi yang konsisten, efisien, dengan tingkat kegagalan nol. Data 3D yang diambil sebagai barang yang diproduksi menggunakan sistem metrologi optik non-kontak; yang cepat dapat langsung diumpankan ke tim kontrol kualitas yang dapat menganalisis kesesuaiannya; dengan tujuan desain dengan membandingkannya menggunakan model padat CAD 3D. Setiap area yang menjadi perhatian dapat disorot, dan penyesuaian dapat dilakukan secara instan ke file CAM.

BACA JUGA  Perhitungan dan Perancangan Pin Pendukung atau Pin Leader

Proses otomatis semacam itu meniadakan kebutuhan akan penghentian proses; mengurangi tingkat kegagalan dan skrap secara drastis, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas biaya produksi secara keseluruhan. Dalam skenario seperti itu, solusi metrologi optik 3D canggih dapat meningkatkan kualitas, kuantitas, dan kecepatan pengumpulan data; dan memungkinkan analisis dan signifikansinya untuk dinilai dalam waktu yang singkat untuk perbaikan proses manufaktur.

Baca Selanjutnya METROLOGI & INDUSTRI 4.0 – 3/3

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file