5 Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Bengkel CNC Anda

tips mengembangkan bisnis cnc

Memulai sebuah bisnis adalah tantangan tersendiri, terlebih jika bisnis yang Anda geluti memiliki banyak pesaing. Ketika cara beroperasi industri manufaktur telah mengalami pergeseran, bagaimana usaha dalam binsni bengkel CNC tumbuh dan bertahan di industri walaupun banyak tantangan.

Di bawah ini ada beberapa tips memulai dan mengembangkan bisnis bengkel CNC yang bisa Anda coba :

Menargetkan Segmen Pasar

Saat memulai sebuah usaha khususnya dalam bidang manufaktur, tentu saja Anda harus lebih fokus dalam segmen pasar tertentu.

Contohnya jika Anda memfokuskan diri memproduksi mold yang berukuran medium, jalinlah hubungan baik dengan perusahaan atau bisnis yang memanfaatkan produk tersebut dan patok harga sesuai siklus produksi bisnis Anda.

Dengan menargetkan segmen tertentu, bisa membantu Anda untuk memanfaatkan spesialisasi dengan baik. Teknik pemasaran lain ialah memanfaatkan teknologi digital yang tersedia; seperti jejaring sosial, internet dan video yang bisa meningkatkan visibilitas usaha Anda dengan cara online.

Sekaligus bisa menjangkau konsumen lebih banyak.

Memperluas Koneksi

Bagi pemilik workshop baru yang memulai bisnisnya, sebenarnya awal bisnis memberikan tantangan yang besar. Anda harus memperhitungkan persoalan daftar klien, izin usaha, performa mesin dan lainnya.

Melalui situasi ini, koneksi atau jaringan bisnis yang dimiliki adalah aset paling berharga. Selain itu, Anda juga wajib menghubungi supplier sebagai pihak yang bisa membantu kelancaran bisnis Anda.

Selain itu, tujuan memperluas koneksi diantaranya dapat mengarahkan klien pada bisnis Anda, membantu instalasi dan set up, hingga memberikan saran dalam menjalankan sebuah usaha.

Dengan mengandalkan koneksi/teman saat ini bisa membantu jalannya usaha Anda. Tak sedikit pula yang membangun link lewat webinar, media sosial atau acara industri.

Ekspansi Memang Penting, Tapi Fokus Dulu Pada Keuntungan

Membeli peralatan penunjang atau mesin yang menghabiskan banyak biaya, atau bahkan menambah fasilitas tanpa karyawan bisa menghambat pertumbuhan usaha, bahkan menghambat jalannya ekspansi dalam jangka panjang.

BACA JUGA  Manfaat Mengembangkan dan Menerapkan Spare Part Standard

Pada banyak kasus, lebih baik fokuskan dulu pada pendapatan laba yang stabil dibandingkan berekspansi. Sebab bahkan untuk workshop kecil sekalipun yang memiliki mesin atau hanya memiliki beberapa karyawan saja masih bisa memenuhi produktivitas rata-rata.

Selain itu, penting juga mengkomunikasikan tentang rencana pertumbuhan bisnis Anda dan hal-hal kecil ke semua tim Anda.

Manfaatkan Teknologi Terbaru

Walaupun upgrade atau inovasi peralatan baru lebih mahal serta memerlukan waktu pelatihan. ataupun waktu pengaturan awal. Namun, peralatan baru bisa mempunyai efek positif dalam jangka panjang dengan menyederhanakan sistem produksi.

Maupun menyediakan sarana dalam menyelesaikan beberapa tugas yang sebelumnya dianggap kurang efisien. Penggunaan teknologi baru seringklai bisa membantu bisnis agar tetap kompetitif, apalagi jika inovasi yang dilakukan mendapat banyak perhatian.

Dengan mengunjungi event-event seperti pameran industri. Kemudian mencari informasi terkait teknologi terkini lewat internet. Hingga menghubungi supplier sebagai cara terbaik agar tetap update dalam teknologi terbaru dalam dunia manufaktur.

Menyadari Pesaing Anda

Dalam berbagai situasi, cara yang paling efektif adalah dengan menyadari kompetitor utama, terutama ketika terjadi penurunan dan gejolak ekonomi. Seperti ketika terjadinya pandemi saat ini, dapat mengakibatkan perlambatan dalam industri manufaktur.

Sedangkan untuk produksi berbagai macam barang medis, semisal wastafel cuci tangan yang portable dapat melonjak drastis.

Dengan memahami kelima tips memulai dan mengembangkan bisnis bengkel CNC Anda di atas. Bukan tak mungkin Anda bisa meraup kesuksesan sesuai harapan saat awal rencana usaha Anda.

Jika Anda tertarik dengan bisnis ini, atau mungkin Anda ingin bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa pembuatan part mesin manufaktur terbaik, Anda bisa memilih Sentra Teknika Prima sebagai partner Anda.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri.

Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan.

Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file