Susunan Lubang dari 3 Jenis Pelat Cetakan

Susunan Lubang dari 3 Jenis Pelat Cetakan

Pada postingan sebelumnya kita dapat melihat kondisi tertutup dari Mold Tipe 3 Plate.

Gambar di bawah ini menunjukkan kondisi tiga pelat saat dibuka :

3 mold plate

Pada dasarnya ada tiga tipe bukaan pada Mold Base Mold 3 Plate

1. Bukaan untuk memotong Sprue

2. Bukkan Runner

3. Bukaan Produk

Di bawah ini akan coba dijelaskan 

1. Bukaan untuk memotong Sprue

Pada bukaan ini akan memotong Sprue dari nozel. Sehingga pengambilan runner dapat diambil dengan mudah dengan robot mekanis atau secara manual dengan tangan. Bukaan ini menggunakan baut penarik dan pelat stripper runner untuk memotong sprue. Pelat stripper akan bergerak setelah baut penarik ditarik oleh pelat cavity, dan jangan lupa baut penarik dipasang di pelat rongga. Panjang bukaan biasanya antara 5mm sampai 10mm.

2. Bukaan Runner

Bukaan ini akan membuka system runner. Kemudian runner akan diambil oleh robot atau secara manual.  Bukaan ini akan memberikan ruang antara pelat stripper dan pelat cavity.

Untuk memastikan runner ini terbuka dengan aman, pasang pegas pada baut penarik di antara pelat stripper dan pelat rongga, atau gunakan cara lain seperti memasang pegas pada baut penarik. Panjang bukaan ini sama dengan panjang runner + 20 mm.

3. Bukaan Produk

Seperti yang kita ketahui, bukaan ini berfungsi untuk membuka produk. Membuat ruang sehingga produk dapat dikeluarkan dari core.

BACA JUGA  Tiga Cara untuk Meningkatkan Modularitas Lini Produksi

Panjang lubang ini kira-kira sepanjang produk + panjang lengan robot ( bila menggunakan lengan robot) + 10 sd 20 mm untuk menghemat ruang saat produk dikeluarkan.

Tahapan Bukaan

Sebenarnya untuk menarik pelat cavity, hingga pelat cavity dapat menarik baut penarikr daripada membuka pelat stripper,  ada dua jenis.  Yakni menggunakan  link Tegangan dan magnet.

Pada postingan kali ini mari kita belajar menggunakan link tegangan.

1. Bukaan  pertama adalah bukaan Runner

kenapa? Karena di antara pelat stripper dan pelat cavity, beberapa pegas selalu terpasang di sana. Beberapa desainer cetakan menggunakan baut penarik, dan yang lainnya menempel di setiap sisi menggunakan pin dan membuat lubang untuk memasang pegas. 

2. Bukaan kedua adalah bukaan produk

Garis pisahan antara core dan cavity selalu mudah dibuka. Ketika pelat bergerak di mesin injeksi menarik pelat bawah sampai pelat core hingga  bukaan tersebut membuat  Produk terbuka.

3. Lubang Cutting Sprue

Setelah pelat bergerak menarik pelat core, tegangan link pelat inti akan menarik pelat rongga sampai pelat rongga menarik baut penarik.  Kemudian membuat beberapa ruang untuk memotong sprue dari nosel.

Itulah Susunan Lubang dari 3 jenis pelat cetakan

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa desain dan  molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah otomatisasi industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Sumber Tulisan

http://mould-technology.blogspot.com/2008/08/opening-construction-of-3-plate-mold.html

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file