Tips Memaksimalkan Pengelolaan Stok Suku Cadang

Dalam mengelola stok suku cadang, Anda harus memilih strategi terbaik untuk membuat kombinasi yang optimal antara persediaan tinggi dengan biaya pembelian rendah agar dapat mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Dengan tujuh tips berikut ini; Anda akan belajar bagaimana tips memaksimalkan pengelolaan stok suku cadang secara efisien dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jelaskan Tingkat Persediaan

Salah satu cara terbaik untuk mengelola stok suku cadang dengan benar adalah dengan membuat perhitungan tepat tentang tingkat persediaan yang ideal dan menetapkan batas-batas persediaan yang wajar.

Ini akan membantu Anda mendapatkan keuntungan dari pengelolaan stok. Karena Anda tidak akan membayar biaya penyimpanan berlebih; atau terpaut pada tingkat stockpile terlalu rendah jika permintaan muncul lebih cepat daripada perkiraan.

Buatkan Pemantauan Otomatis

Ketika Anda mengatur strategi pengelolaan stok suku cadang, pastikan untuk membuat jadwal pemantauan otomatis.

Ini akan melacak kapan suku cadang ini harus diperbaharui dan memberitahu Anda kapan saat yang tepat untuk membelinya kembali.

Jadwal pemantauan otomatis ini juga berguna ketika pemesanan suku cadang terlambat atau tidak tersedia melalui lini produksi.

Tetapkan Kadar Permintaan

Kadar permintaan adalah cara yang berguna untuk memprediksi jumlah suku cadang tertentu yang akan dibutuhkan kedepannya.

BACA JUGA  Pengenalan Karakuri Kaizen Untuk Industri

Dengan ini, Anda bisa membagi stok secara rasional antara pesanan baru dan juga menghindari pembelian lebih banyak materai suku cadang dari apa yang diperlukan.

Dengan melacak permintaan spesifik untuk lini produksi, Anda bisa dengan mudah mencapai target laba yang diinginkan.

Carilah Penawaran Volume Terbaik 

Ketika Anda memesan suku cadang secara besar-besaran, tawaran volume dapat membantu mendapatkan harga yang lebih rendah.

Jadi pastikan untuk selalu mengecek di pasar apakah ada penawaran terbaik yang ditawarkan. Ini akan membuat pengelolaan stok lebih efisien.

Tips Memaksimalkan Pengelolaan Stok

Gunakan Metode Reorder Point

Metode reorder point adalah alat pengelolaan stok yang memungkinkan Anda untuk menentukan level tersendiri ketika suku cadang harus diperbarui.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat sampai ke titik ketika stok jatuh di bawah cukup sehingga otomatis memerintahkan workshop untuk memesan lebih banyak.

Ini akan melindungi Anda dari under-stocking dan over-stocking, berarti Anda selalu akan mendapatkan harga yang efisien.

Itulah tips memaksimalkan stok suku cadang yang dapat Anda terapkan di perusahaan Anda.

JASA PEMBUATAN

Custom Parts

JASA PEMBUATAN

Jig and Fixture

JASA PEMESINAN

Common Parts

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file