contoh penerapan karakuri kaizen

Contoh Penerapan Karakuri Kaizen Untuk Industri

Contoh Penerapan Karakuri Kaizen

Ada beberapa kegunaan karakuri dalam aplikasi yang berbeda. Namun biasanya, paling sering dikaitkan dengan transportasi material, seperti mengembalikan kotak kosong di supermarket lewat rolling lane atau jalur bergulir. 

Salah satu contoh penerapannya adalah dari BMW di Afrika Selatan. Di sana AGV berfungsi untuk memindahkan barang. Barang disimpan pada rolling lane di AGV. AGV memasok supermarket di samping perakitan. Cukup dengan mengemudi secara perlahan melewati supermarket, tuas yang berbeda menjalankan transportasi barang dan kotak dengan barang dipindahkan dari AGV ke supermarket. Sedangkan kotak kosong dipindahkan lagi ke AGV. 

AGV kemudian Kembali ke supermarket pemasok dan perlahan-lahan melaju. Sekali lagi, pengungkit mengembalikan kotak yang kosong ke supermarket pemasok. Sedangkan pengungkit lainnya mengisi AGV Kembali dengan kotak penuh dari supermarket pemasok untuk dibawa ke area konsumen. Mekanisme kerja dari karakuri ini tanpa bantuan motor listrik, elektronik atau computer,terkecuali untuk penggerak AGV yang memakai motor listrik.

Karakuri Dapat Mengurangi Durasi Kerja

Penggunaan karakuri sendiri bertujuan untuk mengurangi durasi kerja. Seperti halnya, di jalur perakitan otomotif, dimana operator seringkali menggunakan kereta kecil dengan peralatan dan material tertentu. Gerobak-gerobak tersebut bisa didorong menggunakan tangan, namun akan jauh lebih mudah jika bergerak di sepanjang garis secara otomatis. Walaupun ide tersebut bukan hal yang baru, Toyota Motor Canada telah menghadirkan gerobak atau kereta dalam versi karakuri untuk memasang mesin di dalam mobil. 

BACA JUGA  Prinsip Kerja Karakuri Kaizen Untuk Industri - 1/2

Saat bergerak maju, beban diangkat, setelah satu mobil selesai, bebannya dilepaskan dan kereta dipindahkan Kembali ke sepanjang garis untuk kendaran berikutnya. Mereka menggabungkan mechanism pelindung yang menutupi spatbor motor saat bekerja. Secara keseluruhan, merek bisa menekan 8 step pekerjaan untuk tiap siklus kerja.

Contoh lainnya ialah membantu pemasangan exhaust system di bawah mobil. Perangkat ini menghadirkan knalpot baru kepada pekerja yang mudah dijangkau, mengurangi operator untuk berjalan dan mengangkat. Sehingga dapat mengurangi siklus setiap 4 detik, atau sekitar 7% secara keseluruhan dan dapat meringankan beban pekerja.

contoh penerapan karakuri kaizen

Karakuri Dapat Mengurangi Stress dan Meringankan Beban Pekerja

Sebuah pameran oleh Aisin Takaoka berupaya menyederhanakan proses pelepasan selang. Selang plastic tersangkut dalam konektor. Untuk melepaskannya, para pekerja harus mendorong cincin Pelepas dengan cepat sambal menarik selang di waktu bersamaan.

Ini terjadi di area yang sempit di dalam mesin yang ukurannya lebih besar, dimana para pekerja harus memutar jarinya sedikit untuk mencapainya. Di samping itu, selang kecil menyulitkan untuk mendorong ring saat menarik selang.

Jika dilakukan berulang kali, tentu saja bisa membuat jari-jari pekerja mulai sakit. Sebagai solusinya, perusahaan membuat tang khusus yang cocok digunakan di area yang sempit. Tingal menutupnya dengan tang, cincin Pelepas didorong dan dalam waktu persamaan dapat menarik selang keluar. Alat khusus ini membuatnya lebih nyaman dan mudah melepas selang, bahkan membuat prosesnya lebih cepat.

Youtube : https://youtu.be/SGmNRZcbIlY

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file