cara megoptimalkan desain proyek

Cara Mengoptimalkan Desain Proyek Fabrikasi Logam

Proyek fabrikasi logam adalah proses yang rumit karena sejumlah faktor. Tetapi yang paling sulit adalah membuat versi praktis dari desain dan mewujudkannya. Bahkan jika Anda mengalihkannnya ke penyedia layanan fabrikasi pihak ketigayang sudah memiliki banyak pengalaman, masih memiliki peluang untuk bisa salah juga. JIka Anda belum memiliki alur kerja yang tepat, maka kemungkinannya sulit untuk mendapatkan hasil maksimal dari proses fabrikasi anda. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat menghemat banyak waktu dan uang ketika mengerjakan Proyek Fabrikasi anda. Salah satunya adalah Mengoptimalkan Desain Proyek Fabrikasi logam anda.

Ada beberapa Cara Mengoptimalkan Desain Proyek Fabrikasi Logam Anda.

Tips Mengoptimalkan Desain untuk Proyek Fabrikasi Logam

Memilih Penyedia Layanan yang Tepat

Menemukan penyedia layanan yang tepat adalah langkah yang sangat berharga. Perusahaan yang dapat menyediakan benda kerja kustom tepat waktu dan berkualitas menjadi perpanjangan tangan dari organisasi Anda sendiri. Selain aspek-aspek biasa yang dapat dengan mudah diukur berdasarkan harga, waktu, dll, ada kualitas lain yang perlu Anda perhatikan.

Jenis dan skala fabrikasi yang dilakukan perusahaan dapat memberi tahu Anda banyak tentang seberapa cocok mereka untuk proyek Anda. Perusahaan pengelasan standar tidak akan mampu menangani pekerjaan industri seperti peralatan konstruksi. Demikian pula, Anda harus berkonsultasi dengan ahli tentang apa yang akan menjadi proses terbaik dan mencarinya. Terkadang sebuah perusahaan mungkin tidak dapat menawarkan layanan tertentu karena kurangnya pengalaman dalam pemesinan. Misalnya, tidak semua perusahaan memiliki tenaga kerja atau mesin untuk pengelasan baja tahan karat TIG (Tungsten Inert Gas) atau pengelasan Busur Logam Manual, sebagai dua contoh saja.

Ada beberapa cara untuk mengaudit standar kualitas. Anda dapat melihat pekerjaan apa yang telah mereka lakukan sebelumnya dan bertanya kepada klien sebelumnya apakah mereka akan memberikan rujukan. Demikian pula, Anda dapat meneliti proses apa yang mereka tawarkan dan sertifikasi apa yang sudah dimiliki perusahaan. Cara lain adalah dengan menanyakan ukuran dan metode pengendalian kualitas apa yang mereka miliki. Selain itu, juga berguna untuk mengetahui kualitas staf, sumber daya, dan peralatan yang tersedia di perusahaan tersebut.

Sebagai pedoman umum, mungkin berguna untuk memilih perusahaan yang menawarkan layanan desain dan rekayasa internal. Ini berarti bahwa mereka akan memilih untuk mendesain sesuai kemampuan mereka, mengoptimalkan mesin mereka sendiri. Ketika desainer dan insinyur yang membangunnya berbeda, dapat terjadi benturan gaya di antara keduanya.

Bekerja dengan Fabrikator

Fabrikator dapat mengambil banyak beban dari bahu Anda ketika Anda berkomunikasi dengan mereka dengan benar. Mereka dapat memberi tahu Anda dengan tepat seberapa praktis desain Anda, bahan apa yang digunakan, dan cara terbaik untuk memproduksinya. Ini adalah ahlinya, jadi Anda perlu mendengarkan mereka, melibatkan mereka dalam fase awal dan meningkatkan desain yang sesuai.

Cobalah untuk mempercepat proyek dengan benar dengan mengoordinasikan rencana dengan mereka. Anda tidak dapat terburu-buru memilih fabricator kecil dengan staf yang lebih sedikit dan Anda tidak dapat mengharapkan mereka untuk membuat proyek yang mungkin berada di luar skala operasi mereka, jadi yang terbaik adalah memiliki gagasan yang baik tentang kemampuan mereka dan sesuai dengan harapan Anda. Inilah sebabnya mengapa Anda memerlukan rencana proyek yang efektif yang menggabungkan jadwal yang menyenangkan dan perencanaan sumber daya.

Setiap rencana proyek harus mencakup desain awal dan gambar teknik bersama dengan spesifikasi teknis. Anda juga harus menyertakan manajer proyek yang ditunjuk dan manajer komunikasi sebagai titik kontak utama untuk perusahaan fabrikasi. Ini akan menjadi orang yang Anda tuju yang dapat melacak semua perubahan dan komunikasi untuk proyek tersebut. Seperti yang disebutkan sebelumnya, yang terbaik adalah memikirkan tenggat waktu proyek.

Pekerjaan desain

Menghapus elemen yang tidak perlu pada desain dapat menghemat waktu, uang, dan pikiran Anda. Pastikan setiap elemen memiliki tujuan yang pasti dan tidak hanya membingungkan tim di balik keseluruhan usaha. Bagian yang tidak perlu akan membebani Anda dengan bahan dan waktu. Selain itu, prototipe awal dan versi fase beta dari sebuah proyek harus sesederhana mungkin. Jika Anda ingin menambahkan sesuatu untuk pengembangan, itu bisa menjadi pertimbangan yang akan ikut berperan di versi final.

BACA JUGA  Jasa CNC Milling Bekasi : Jasa Fabrikasi dan Machining Berkualitas

Umumnya, yang terbaik adalah memiliki desain sebelum Anda memilih bahan. Namun, terkadang tidak ada jalan lain dan bahan telah dipilih sebelumnya oleh kebutuhan, fungsi atau estetika. Dalam kasus ini, akan berguna untuk memiliki bahan sebagai pedoman desain. Perhatikan nilai kekerasan, kekakuan, berat, titik leleh, dan karakteristik bahan lainnya dan bersikap realistis tentang bentuknya.

Pilih Bahan yang Tepat

Seperti disebutkan sebelumnya, bahan mempengaruhi segalanya mulai dari biaya hingga desain hingga proses yang diperlukan. Ada beberapa pertimbangan yang harus dibuat di sini, termasuk apakah fabrikator memiliki mesin yang memadai untuk itu dan apakah Anda dapat menemukan produsen untuk bahan tersebut. Pabrikan cenderung mengandalkan mitra lokal untuk bahan-bahan ini, jadi mungkin adalah bijaksana untuk mengetahui kualitasnya terlebih dahulu.

Tergantung pada penggunaan akhir, Anda mungkin ingin melihat konduktivitas bahan dan ketahanan korosi. Proyek fabrikasi dan benda kerja pemesinan khusus memiliki banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti apakah mereka akan berada di luar ruangan untuk waktu yang lama, yang berarti mereka mungkin memerlukan bahan tahan karat. Demikian pula, apakah mereka akan menekuk terhadap jenis panas tertentu atau akan bereaksi terhadap rangsangan eksternal seperti listrik atau bunyi di lapangan.

Khususnya, saat membuat anggaran, Anda harus mendapatkan pendapat pembuat tentang berapa biaya prototipe awal dan berapa banyak untuk produk akhir yang lengkap. Yang terbaik adalah menyisihkan sejumlah uang untuk berbagai iterasi yang mungkin akan terjadi. Pastikan untuk merencanakan biaya bahan dan penggunaan yang sesuai.

Ketahui Proses Anda

Ada banyak proses yang mungkin perlu Anda ketahui. Untuk proyek skala kecil, mungkin berguna untuk memilih pemotong CNC atau pencetakan logam. Metode ini lebih cepat dan lebih murah dalam banyak hal. Ini dapat memberikan hasil yang sangat berbeda tergantung pada jenis mesin yang digunakan oleh fabrikator. Mesin CNC memberikan kepresisian terbaik tetapi, seperti semua proses, mereka memiliki keterbatasan. Pencetakan logam dapat membuat bentuk yang unik, namun memiliki sedikit masalah dan kekurangan dimana teknologi laser yang kurang canggih dapat membuang lebih banyak bahan.

Berbicara tentang mesin CNC, jika Anda membutuhkan spare part mesin CNC custom, Anda bisa berkonsultasi dan menggunakan jasa Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC. . Sentra Teknika Prima adalah perusahaan mekanikal proses yang siap membantu pembuatan mesin atau part mesin hingga mesin cetakan yang presisi.

Berikut adalah ikhtisar dasar proses CNC:

Punching – logam biasanya ditempatkan di antara punch dan cetakan dengan bentuk yang sama. Untuk membuat lubang di lembaran logam, punch ditekan ke dalam cetakan.

Stamping – teknik ini menggunakan cetakan jantan dan betina yang membantu membentuk logam menjadi bentuk yang Anda inginkan.

Pemotongan – metode ini dilakukan dengan menggunakan alat potong. Alat-alat ini termasuk plasma, laser, jet air atau bahkan pemotong timah.

Penekukan – dalam teknik ini tuas tekan digunakan untuk menekuk lembaran logam menjadi bentuk yang diinginkan. Logam dapat dibentuk menjadi bentuk-V, bentuk saluran atau bentuk-U.

Roll forming– ini adalah penekukan berkelanjutan dari strip logam panjang untuk membentuk penampang yang diinginkan. Proses ini lebih baik daripada stamping dan punching karena dapat mengurangi scrap dan drop-off melalui proses coil-fed.

Cari tahu yang mana yang disediakan oleh fabrikator Anda dan tanyakan bagaimana pengaruhnya terhadap kualitas akhir produk Anda.

Uji Prototipe & Desain

Uji desain Anda, utak-atik, lalu coba untuk penyesuaian ulang. Ini adalah proses berkelanjutan yang mungkin memerlukan beberapa iterasi. Yang terbaik adalah membuat anggaran untuk fase ini sejak dini agar tidak mengalami kesulitan karena kehabisan dana setelahnya. Pertahankan fabrokator Anda dalam lingkaran bisnis anda dan cobalah untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap perkembangan baru dari fabrikator anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file