area proyeksi

Cara Menghitung Kekuatan Pencekam

Menghitung Kekuatan Pencekam

Seperti kita ketahui, bahwa tujuan unit Pencekam adalah untuk menjaga agar cetakan tetap tertutup Ketika sedang terjadi proses injeksi. Melawan gaya ketika bagian disuntik dengan bahan plastik. Maka dari itu, kekuatan pencekam itu harus lebih besar dari gaya injeksi. Kita dapat menerapkan tekanan pencekam ini baik di mesin injeksi dengan Toggle hidrolik atau dengan Toggle Mekanik.

Mesin cetak injeksi biasanya identik dengan tonase gaya cekam yang mereka berikan. Gaya pencekaman itu menunjukkan besarnya gaya yang dapat diterapkan unit pencekam pada cetakan agar tetap tertutup rapat selama injeksi plastik cair. Gambar di bawah ini menunjukkan mesin injeksi dari Nissei dengan tipe NEX80 (80 ton).

Rumusan

Gaya pencekam sebanding dengan luas proyeksi cetakan dan runner, dan harus ditahan oleh gaya cekam. Meskipun sebagian tekanan yang dihasilkan oleh silinder injeksi ditransmisikan ke rongga, berbagai kerugian yang terjadi di silinder pemanas, nosel dan Gate, kita dapat menganggap bahwa gaya yang bekerja pada cetakan untuk membuatnya terbuka dapat dihitung dari rumus berikut:

Gaya (lb.) = Tekanan (lb/in2) x Luas Proyeksi (in2)

Apa yang dimaksud area proyeksi?

area proyeksi adalah suatu area yang berada dalam satu garis garis acuan dasar pada parting line. Untuk perhitungan lengkap, hitung area perkiraan runner dan area bagian lebih presisi. lihat gambar di bawah ini untuk dapat memperkirakan dan area yang digunakan!

area proyeksi

Kalkulator Kekuatan Penjepit

Di bawah ini adalah clamping force kalkulator yang menggunakan java script, script saya dapatkan dari http://www.custompartnet.com. dengan sedikit modifikasi sehingga lebih cocok dengan halaman postingan blogger.

BACA JUGA  Kalkulasi Penyusutan pada Mold

Gambar di bawah ini juga memiliki visualisasi yang baik untuk menjelaskan area yang diproyeksikan, gaya jepit dan tekanan injeksi.

Bila anda lebih suka melihat kalkulator asli, buka halaman web ini http://www.custompartnet.com/calculator/clamp-force tapi kenapa saya set safety factor 0,8, karena hasilnya akan lebih rendah daripada tanpa safety factor, di clamping force rumus tersebut sebelum melakukan koreksi untuk pressure drop dan lain-lain, sehingga tekanan injeksi selalu lebih rendah dari perhitungan manual tersebut.

Itulah cara Menghitung Kekuatan Pencekam

atau kita dapat menggunakan grafik atau tabel untuk menentukan tekanan oencekaman, seperti ini dari niir.org.

table clamp pressure molding

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa desain dan pembuatan molding. Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa molding sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah otomatisasi industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda

Sumber tulisan http://mould-technology.blogspot.com/2008/10/how-to-calculate-clamping-force.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file