jig dan perlengkapan

Cara Mengimplemantasikan Jig dan Perlengkapannya Pada SMART MANUFACTURING SYSTEM 2/2

Bagikan

Jig & Perlengkapan Untuk Smart Manufacturing

Pertama-tama mari kita perjelas ,perbedaan antara jig dan fixture . Jig digunakan untuk membatasi benda kerja di area kerja mesin. Jig merupakan alat khusus yang membantu proses pembuatan produk secara massal. Secara spesifiknya, jig ini berfungsi untuk menggenggam barang dan membuat lubang pada benda tersebut. ( https://sentrateknikaprima.com/jig-and-fixture/perbedaan-jig-dan-fixture/) Sistem kerja jig ini bisa ditentukan sesuai hasil yang diinginkan. Jika anda ingin membuat lubang, anda dapat mengaktifkan mode yang mengharuskan alat ini melubangi produk anda. Misalnya, pada jig terdapat stopper yang dapat mencegah pergerakan horizontal dari benda kerja di atas meja kerja mesin milling.

Fixture adalah alat khusus yang menahan benda kerja supaya tetap di tempatnya. Misalnya, baut dan mur khusus adalah fixture jika Anda menggunakannya untuk mengencangkan benda kerja. Di sentra, kami mengkhususkan diri dalam proses pengerjaan cepat, jasa pemesinan CNC presisi yang bekerja paling baik untuk pembuatan prototipe secara cepat, pembentukan dan pengujian kesesuaian, jig dan perlengkapan, dan komponen fungsional untuk aplikasi penggunaan akhir.

Baca Artikel Sebelumnya Cara Mengimplemantasikan Jig dan Perlengkapannya Pada SMART MANUFACTURING SYSTEM 1/2

Ada banyak jenis mekanisme Jig and Fixture. Jig and Fixture yang paling sederhana dan paling fleksibel mencakup sejumlah blok standar yang dapat dirakit bersama menggunakan baut. Anda dapat menggunakannya seperti LEGO dan mendapatkan banyak konfigurasi berbeda. Namun, dibutuhkan banyak waktu untuk merakit perlengkapan tersebut. Cara fleksibel lain untuk memasang benda kerja adalah dengan menggunakan klem standar universal, chuck, dan sebagainya. Hal ini efisien untuk pemesinan manual karena operator dapat memeriksa penyetelannya dan memperbaikinya jika terjadi kesalahan. Namun demikian, sistem manufaktur cerdas membutuhkan alat jig fleksibel otomatis.

jig dan perlengkapan
jig dan perlengkapan

Tahapan Utama Desain Jig Dan Fixture Untuk Smart Manufacturing

Merancang jig dan perlengkapannya untuk manufaktur cerdas adalah proses yang kompleks. Ini mungkin sering lebih sulit daripada pengembangan produk yang akan diproduksi menggunakan jig yang akan dirangcang tersebut. Ada beberapa tahapan utama yang harus Anda selesaikan untuk mendapatkan alat perlengkapan pemasangan pada CNC yang diinginkan.

  1. Memilih permukaan dasar. Dianjurkan untuk memiliki sejumlah set permukaan dasar dalam satu sistem sehingga membuatnya lebih fleksibel.
  2. Memilih interval penyesuaian. Di sini Anda pada dasarnya menyatakan seberapa pintar sistem Anda nantinya. Semakin banyak variabel dan semakin besar intervalnya, maka semakin canggih peralatannya.
  3. Memilih perlengkapan.
  4. Memilih mekanisme perlengkapan. Sistem otomatis dapat menggunakan penggerak listrik, penggerak pneumatik, penggerak hidrolik, atau jenis penggerak campuran. Pemilihannya sebagian besar tergantung pada jenis penggerak yang digunakan alat mesin. Setiap alat khusus tertentu membutuhkan penggerak yang tertentu pula. Misalnya, desain perlengkapan vakum hanya dapat bekerja pada penggerak pneumatik dan perkakas magnet harus menggunakan penggerak listrik.
  5. Merancang seluruh perakitan. Di sini Anda mendesain semua bagian dan menentukan siklus yang tepat dari kerja perlengkapan.
  6. Memprogram peralatan. Agar otomatis, penggerak dikendalikan oleh program NC khusus yang harus dibuat untuk setiap sistem dari awal.7. Persiapan untuk produksi
jig and fixture
jig and fixture

Mengapa Mengembangkan Perlengkapan Itu Penting

Smart Clamping System yang dapat disesuaikan memiliki banyak keuntungan yang membuatnya cocok untuk proses pengembangan dan manufaktur yang kompleks dan memakan waktu cukup lama.

  1. Dapat mengurangi biaya produksi. Peralatan jig cerdas yang dibangun dengan baik dapat menggantikan sejumlah besar dari mekanisme penjepitan yang lebih sederhana.
  2. Tidak memerlukan operator untuk prosesnya. Penting bagi sistem manufaktur cerdas untuk memastikan bahwa pencekaman  beroperasi secara otomatis dan cerdas bahkan mengatur ulang sistem untuk batch lain pun dapat sepenuhnya secara robotik.
  3. Dapat menghemat waktu. Proses yang paling memakan waktu dalam pemesinan cepat adalah penyiapan sistem untuk kumpulan benda kerja  yang berbeda. Karena sistem pencekaman cerdas dapat disesuaikan, Anda dapat mengerjakan banyak benda kerja yang berbeda tanpa perlu mengganti peralatan. Anda hanya perlu memperhatikan agar benda kerja berada dalam batas penyesuaian.
BACA JUGA  Memilih Bahan Untuk Benda Kerja Pada Proses Pemesinan Milling

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file