Pentingnya DFM – Design For Manufacturing – 3/3

Studi Kasus DFM

Baca artikel sebelumnya Pentingnya DFM – Design For Manufacturing – 2/3

Sudut internal yang tajam

Salah satu pedoman DFM adalah menghindari penggunaan sudut internal yang tajam saat merancang benda kerja pemesinan. Peralatan pada mesin CNC berbentuk bulat, di mana gaya pengefraisan dihasilkan oleh rotasi. Tidak mungkin untuk mencapai sudut 90 ° di sudut. Oleh karena itu, verifikasikan bahwa terdapat sudut-sudut tajam internal selama audit proses desain. Jika tidak dinyatakan dalam gambar teknis, disarankan agar setiap sudut internal tajam yang terdeteksi pada benda kerja tersebut dikerjakan dengan radius 2 mm untuk meminimalkan biaya produksi. Jika Anda ingin mencapai sudut internal yang tajam ini, metode yang umum adalah EDM atau pemotongan kawat, tetapi harganya mahal. 

(1) EDM

EDM, juga dikenal sebagai Electrical Discharge Machining, mengandalkan listrik untuk mengkorosi benda kerja daripada memotongngya sebagaimana yang dilakukan alat potong pada proses pemesinan. Kelemahan dari EDM adalah bekerja sangat lambat, terutama jika dibandingkan dengan alat potong pemesinan CNC. Ini berarti bahwa operasi pemotongan kawat memiliki potensi yang cukup besar.

(2) Pemotong Laser

Pemotong laser sering digunakan untuk pelat atau lembaran logam, struktur dua dimensi. Ini juga merupakan solusi yang sangat ekonomis untuk mendapatkan bentuk persegi. Meskipun sudut-sudut yang terbentuk tidak sempurna karena diameter dan celah laser sedikit lebih besar dari laser.

Kerugian utama dari pemotongan laser adalah hasil permukaan akhir dan kepresisiannya. Meskipun biasanya mungkin untuk mendapatkan +/- 0,005 pada pelat baja setebal 1/4″, Anda akan menemukan bahwa permukaan akhir jauh lebih kasar daripada permukaan benda kerja pemesinan.

Ketebalan Dinding

Ketebalan dinding yang berbeda menentukan waktu proses pemotongan, oleh karena itu, disarankan untuk memperbarui ketebalan material yang sesuai untuk mengurangi biaya.

Mungkin saja ketebalan dinding tidak dapat dikerjakan dengan pemesinan karena dapat rusak selama proses pembuatan karena gaya pemotongan. Untuk pemesinan CNC, ketebalan dinding minimum yang disarankan adalah 0,8 mm untuk bahan logam dan 1,5 mm untuk bahan plastik.

Kesimpulan

Dalam dunia yang semakin kompetitif, desain produk dan layanan pelanggan mungkin menjadi cara utama untuk membedakan kemampuan perusahaan. Ketika desain produk menjadi lebih penting, konsep desain mampu manufaktur dan pengembangan produk yang terintegrasi akan menjadi sangatpenting. Dengan mengintegrasikan kesinergian desain produk dan proses untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi dan berkinerja tinggi secara efisien, ini akan menjadi kunci untuk mencapai dan mempertahankan keunggulan kompetitif.

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam bisnis prototipe, kami  telah membuat banyak prototipe & prototipe teknik berkualitas untuk klien di Indonesia khusunya di jabodetabek. Jika Anda adalah seorang desainer atau insinyur manufaktur dengan masalah bagaimana meningkatkan kemampuan manufaktur benda kerja atau suku cadang, Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. 

Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Leave a Comment

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file