Panduan Bahan Pemesinan CNC – 2/2

Bagaimana Memilih Bahan yang Tepat?

Pemilihan material yang tepat untuk mesin CNC sangat penting karena menyangkut produk desain yang kompleks. Ada fitur-fitur tertentu yang menjadi dasar pemilihan bahan ini.

Baca Tulisan Sebelumnya Panduan Bahan Pemesinan CNC – 1/2

Terdapat perbandingan antara beberapa material yang sejenis dengan grade yang berbeda seperti yang tertera pada table di bawah ini.

Aluminium

Keterangan: Aluminium 6061 dan 6082 lebih cocok karena harga yang murah dan kemampuan mesin yang sangat tinggi.

Stainless Steel

Keterangan: Baja tahan karat 303 lebih tepat karena dapat memberikan kemampuan pemesinan yang cukup dengan harga terjangkau.

Mild Steel

Keterangan: Grade baja ringan yang paling cocok adalah A36, karena kekuatannya yang tinggi dengan harga termurah.

Alloy steel

Keterangan: Di antara baja paduan 4140 dan 4340, yang lebih disukai adalah 4340 karena kekerasannya.

Tool Steel

Keterangan: Grade baja perkakas pada dasarnya sama. Setiap grade dapat dipilih sesuai untuk tujuan pekerjaan.

Brass

Keterangan: Kuningan hanya memiliki satu grade dalam penggunaannya di industri.Kuningan adalah bahan yang tepat karena kemampuan pemesinan yang tinggi dan biaya termurah.

Plastic

Keterangan: Di antara jenis yang disebutkan di atas, polikarbonat adalah yang paling cocok. Ini karena biayanya yang rendah dan kekuatannya yang tinggi.

Bahan Mana Yang Paling Cocok Di Segala Kondisi?

Tergantung pada sifat dan analisis biaya bahan pemesinan CNC. Bahan yang paling cocok dalam setiap situasi adalah;

  • Aluminium memiliki kekuatan dan kekerasan yang baik dengan kemampuan pemesinan yang sangat tinggi dengan biaya termurah.
  • Baja tahan karat sangat berguna karena kekuatan dan kemampuan pemesinannya yang tinggi. Harganya memang mahal tetapi memiliki aplikasi yang sangat luas.
  • Kuningan adalah bahan yang lebih tepat karena kemampuan pemesinannya yang sangat tinggi dengan harga yang terjangkau.

Faktor Apa Saja Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Pemilihan Bahan?

Bahan yang tepat untuk pemesin CNC adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang optimal. Sebelum pemilihan, tujuan penggunaan harus diperhatikan. Saat Anda mempersempit pilihan bahan, bahan terbaik yang  sesuai akan anda temukan. Akan mudah untuk memilih bahan yang sesuai dengan produk yang Anda inginkan dan sesuai dengan efisiensi biaya. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan material sebagai panduan bahan pemesinan CNC yang tepat:

Beban Tekanan:

Tekanan harus diterapkan pada material sesuai dengan kapasitas tahan tekannya. Bahan tertentu bahkan dapat pecah jika tekanan tinggi diterapkan padanya.

Toleransi dimensi:

Toleransi dimensi sangat penting dalam pertimbangan. Karena memiliki dampak besar pada material, suku cadang, rakitan, metode pemotongan, alat potong, dan mesin.

Suhu Operasional:

Suhu tinggi dapat melelehkan material di bawah panas yang ekstrem. Sedangkan suhu rendah dapat membekukan benda kerja dan material di dalam mesin. Adalah hal baik untuk mempertahankan suhu kerja sekitar 176F. Kestabilan kerja akan hilang jika suhu operasi lebih dari 280C.

Biaya Bahan:

Metode yang tepat untuk memilih bahan yang hemat biaya adalah memilih yang sesuai kebutuhan Anda. Bandingkan bahan mana yang lebih kompatibel dengan kekuatan, kekerasan, suhu, fungsionalitas, dan persyaratan filamen. Eliminasi bahan yang tidak cocok, dan Anda akan mengetahui bahan yang paling hemat biaya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Leave a Comment

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file