Merancang Sistem Manufaktur Tanpa Defect Pasca-Pandemi

Merancang Sistem Manufaktur Tanpa Defect Pasca-Pandemi

Saat dunia mulai bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan berupaya untuk meningkatkan produksi. Pada sistem manufaktur ramping( Lean Manufacturing System), perusahaan tidak dapat membiarkan produk yang rusak muncul, sehingga perusahan membuat alokasi waktu tertentu untuk memungkinkan inspeksi tambahan agar hal tersebut dapat dihindari. Hal tersebut membentuk pondasi dari strategi penanggulangan  cacat yang berfokus pada pencegahan daripada inspeksi.

Waktu adalah uang. Kualitas harus terjamin. Perusahaan harus memiliki keyakinan sedemikian rupa dalam hal rantai pasokan mereka bahwa mereka dapat menghilangkan inspeksi terhadap barang yang masuk dan bahkan dapat meniadakan ruang penyimpanan.

Berikut adalah lima saran tentang cara membangun suatu program kualitas yang mutakhir yang memungkinkan Anda dapat melakukannya

Mendefinisikan  Masalah

Quality Assurance (QA) tidak sama dengan Quality Control (QC). QA adalah pekerjaan yang membantu mencegah terjadinya kecacatan pada produk, sedangkan QC adalah praktik yang memeriksa kecacatan setelah adanya produk. Semakin baik Anda di QA, semakin sedikit usaha dan biaya yang harus dikeluarkan untuk proses QC.

Menurut pengalaman, organisasi tradisional jauh lebih fokus pada pelaksanaan QC dengan meninjau data dan mengadakan inspeksi, sementara organisasi yang lebih berpikiran maju mengerahkan para engineer QA untuk berkolaborasi secara proaktif dengan pemasok dan mencegah timbulnya cacat produk sejak awal.

Memahami nuansa antara reaktif dan proaktif serta implikasinya sangat penting saat menentukan strategi penanggulangan  kecacatan produk pada  organisasi Anda.

Kualitas dihasilkan dengan Desain, Bukan dengan Inspeksi

Biasanya, inspeksi QC digunakan karena organisasi tidak mempercayai pemasoknya atau prosesnya sendiri. Dalam hal inspeksi barang yang masuk, suku cadang dibeli dari pemasok lebih awal dari yang dibutuhkan untuk memungkinkan waktu inspeksi dan waktu untuk mengganti atau mengerjakan ulang bila ada kecacatan.

Analisa objektif apa pun dari proses ini akan memberi tahu Anda bahwa ini adalah desain/cara yang  buruk. Inspeksi QC terhadap barang yang masuk adalah suatu biaya yang harus dikeluarkan terlalu dini untuk material dan aktivitas yang tidak begitu penting bagi aktivitas bisnis inti organisasi. Sehingga proses ini merupakan pemborosan yang tidak bernilai tambah.

merancang sistem manufaktur

Lebih Sedikit Produsen Tidak Berarti Kualitas Lebih Rendah

Pendekatan umum lainnya mengenai QC adalah membatasi jumlah pemasok. Selama ini organisasi/perusahaan beranggapan  bahwa dengan membatasi jumlah pemasok,maka mereka akan mengurangi cacat, padahal itu adalah anggapan yang salah, karena dapat menyebabkan dua efek samping yang tidak diinginkan.

Pertama, suku cadang harus dipesan terlebih dahulu karena pemasok ingin mengelola kapasitas mereka dan menjaga agar semua mesin mereka tetap berjalan. Ini biasanya memperpanjang waktu tunggu yang dapat membatasi kemampuan untuk mengubah volume atau campuran produk.

Kedua, membatasi kelancaran rantai pasokan. Pandemi mengingatkan kita bahwa rantai pasokan dapat dengan mudah terganggu. Mengandalkan pemasok dalam jumlah terbatas dengan waktu tunggu yang lama mengurangi kemampuan organisasi untuk lincah dalam menghadapi tantangan atau gangguan.

Keahlian Terbimbing sebagai Pengubah Permainan

Desain dan manufaktur produk bukanlah unjuk keahlian perseorangan. Hal ini membutuhkan tim yang dapat bekerja dan berkolaborasi untuk mewujudkan tujuan akhir bersama.

Demikian pula, kualitas adalah upaya kelompok. Ekosistem dan platform Manufaktur Digital baru menampilkan desain untuk penilaian manufakturabilitas (DfM) yang memungkinkan pelanggan memiliki kesempatan untuk mengubah desain suku cadangnya guna meningkatkan kemungkinan keberhaslian.

Dengan terlibat dengan mitra Anda melalui ini dan program keahlian terbimbing lainnya akan membantu memperkuat Strategi Tanpa Cacat Anda sekaligus dapat membatasi biaya dan upaya.

Memiliki Rencana Untuk Mengatasi Kemungkinan Cacat Yang Akan Terjadi

Meskipun rencana proaktif  telah dirancang dengan para ahli, dengan banyak pemasok dan masukan dari pelanggan, akan tetapi kemungkinan menghasilkan komponen yang rusak itu sesekali selalu ada. Kuncinya adalah memiliki rencana untuk menghadapinya.

Dengan memiliki beberapa mitra manufaktur yang memenuhi syarat, kapasitas yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk memprioritaskan atau penggantian cepat atau pengerjaan ulang masalah. Organisasi harus terlibat dengan mitra untuk mengubah masalah menjadi kesempatan belajar. Dengan melangkah mundur dan mengambil pandangan yang lebih luas, potensi cacat lainnya dapat dihilangkan.

Pendekatan-pendekatan ini dapat bervariasi tergantung pada mitra Anda dan karakteristik produk Anda. Namun pada akhirnya, tujuannya adalah untuk memungkinkan pemulihan tanpa berdampak pada jadwal atau anggaran proyek.

Melihat ke depannya , ketika organisasi di seluruh dunia memulai kembali atau mengembangkan operasi, kualitas akan menjadi pertimbangan strategis yang kritis. Apakah penerapannya pada produk dan sistem atau menggunakannya sebagai kriteria penting saat memilih mitra, sikap proaktif dalam penjaminan kualitas akan menghemat waktu, uang, dan mencegah serangan jantung.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

Leave a Comment

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file