Ketahanan Manufaktur dan Bangkitnya Otomasi Industri – Part 1/3

Otomasi Industri

Pandemi COVID-19 telah mencoba pertahanan dan mengekspos kerentanan dengan sangat jelas ke rantai pasokan global dalam  industri manufaktur secara keseluruhan. Krisis Kesehatan yang belum pernah terjadi sebelumnya,  bahwa Krisis ini telah membuktikan bahwa ada masalah besar pada adaptasi produk baru di lini produks industri manufaktur, apalagi ketika akses dan transportasi menjadi terbatas karena banyak daerah yang ditutup dan dibatasi pergerakannya oleh peraturan pemerintah setempat guna mencegah terjadinya lonjakan Krisis Kesehatan ini.

Smart Manufacturing

Percepatan Implementasi Smart Manufacturing atau  manufaktur cerdas akan menjadi salah satu kunci untuk mendorong sektor manufaktur menjadi lebih Tangguh dan terus bertahan di tengah pandemic yang sedang berlangsung. Karena itu, permintaan untuk teknologi otomasi “Smart Industry” industri pintar terus meningkat. Pabrik-pabrik baru maupun lama terus berusaha melakukan percepatan pengembangan dan penerapan teknologi robot industri terbaru; dan terus akan memainkan peranan penting untuk tahun – tahun kedepannya. Untuk lebih memahami bagaimana manufaktur berubah menjadi sebuah teknologi pintar dengan  tingkat tinggi, maka  sangatlah penting bagi kita untuk mempelajari teknologi dan aplikasi yang paling menjanjikan dalam otomasi industry tersebut.

Di pabrik-pabrik saat ini; robotika bekerja dengan aman bersama dan sejalan dengan karyawan untuk melakukan tugas-tugas harian, berulang, dan padat karya; sehingga karyawan dapat melakukan pekerjaan yang lebih bermanfaat dan yang membutuhkan perhatian penuh. Bahkan Teknologi robot pun dijanjikan oleh beberapa industry ternama  dengan nama COBOT atau Colaborative Robot, bahwa robot mampu berdampingan dengan manusia dan tidak melukai sedikitpun dalam melakukan kegiatan produksinya. 

Teknologi Robot

Kehadiran Teknologi Robot industri serta percepatan dalam penerapannya, dapat  membebaskan karyawan untuk fokus pada tugas yang memiliki nilai tambah, sehingga produktivitas pabrik akan terus meningkat.

Dengan mengintegrasikan teknologi robot ke dalam lini perakitan, tingkat kesalahan dapat dikurangi, kepuasan pelanggan pun akan terus meningkat. Robot semakin banyak diterapkan pada peralatan Mesin; sehingga dapat memecahkan tantangan kelangkaan tenaga kerja dan sekaligus meningkatkan waktu kerja mesin; mengurangi waktu utama pemesinan CNC dan melindungi investasi asset peralatan.

Munculnya teknologi robot dan mobilitas di pabrik yang terotomatisasi dapat terus meningkatkan  fasilitas keluaran walaupun dengan adanya penerapan aturan “Physical Distancing”, dan juga sangat memungkinkan menerapkan manajemen jarak jauh melalui server jaringan.

Bersambung Ketahanan Manufaktur dan Bangkitnya Otomasi Industri 2/3

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

2 thoughts on “Ketahanan Manufaktur dan Bangkitnya Otomasi Industri – Part 1/3”

  1. Dengan hormat,

    Saya perkenalkan diri. Nama saya Tatang Gumulya dan saat ini saya adalah staff Pembelian pada PT. HASIL DAMAI TEXTILE di Kab. Bandung. Untuk mengenal kami lebih jauh silahkan mengunjungi website kami di http://www.hadtex.com. Kami memproduksi kain spun bond dari bahan polyester.

    Saat ini kami sedang mencari Net Thermosetting. Ukuran yang kami perlukan 3.1mx15.5m.

    Mohon disampaikan kepada kami penawaran harganya.

    Hormat kami,
    Tatang G.

    Reply

Leave a Comment

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file