Jenis Metode Pengolahan Plastik – 1/2

Saat ini terdapat berbagai jenis metode pengolahan plastik yang ada dalam industry proses, mulai dari metode pengolahan plastiknya yang  dapat dibagi menjadi dua metode besar yaitu :

1. Metode Molding 

Metode ini biasanya menggunakan Mold untuk melelehkan plastik. Deformasi dengan tekanan yang diberikan dan bentuk produk akan sama dengan bentuk Mold.

Berbagai metode jenis Mold dapat dibagi sebagai berikut :

Metode Mold Ekstrusi

Proses ini dapat menghasilkan produk dengan profil penampang tetap seperti pelapis kawat dan kabel, tabung plastik untuk tinta printer, beberapa profil berongga dan berbagai profil padat. Bahannya adalah palet atau serpihan plastik yang biasanya dikeringkan dalam hopper sebelum masuk ke feed screw.

Untuk mengolah metode ekstrusi digunakan mesin injeksi, plastik dipanaskan pada barrel sampai cair kemudian dipaksakan melalui Mold plastik die yang sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Lihat gambar di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang Mold ekstrusi. 

Mold Injeksi

Mold injeksi melibatkan pengambilan plastik dalam bentuk pelet atau butiran dan memanaskan bahan ini sampai diperoleh lelehan. Plastik cair disuntikkan pada tekanan tinggi ke dalam Mold yang merupakan kebalikan dari bentuk produk kemudian dibiarkan mendingin menjadi bentuk yang diinginkan.

Mold kemudian dibuka dan bagian isinya dikeluarkan pada saat siklus diulang. Anda harus belajar tentang berbagai jenis Mold injeksi pada konstruksiMold injeksi memiliki berbagai jenis teknik seperti Mold injeksi busa termoplastik, Mold injeksi multi (Mold sandwich, Mold injeksi bi) Mold injeksi bantuan gas dan lainnya.

Mesin injeksi dasar untuk Mold injeksi pada gambar di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang Mold injeksi yang harus Anda ketahui.

Proses Blow Molding

Sebuah resin termoplastik dipanaskan ke keadaan cair. Kemudian diekstrusi untuk membentuk tabung berongga yang disebut parison. Parison dijatuhkan di antara dua bagian Mold yang berdekatan. Konsep blow mould dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini, kita dapat membagi blow mould empat jenis sebagai: 

  1. Extrusion blow moulding 
  2. Injection blow molding 
  3. Stretch blow moulding 
  4. Panaskan blow Mold

Gambar di atas menunjukkan jenis stretch blow mould, Anda akan melihat lebih banyak di Blow Mold Posting Compression Molds.

Mold kompresi adalah metode Mold di mana plastik umumnya dipanaskan terlebih dahulu. Pertama kali ditempatkan di rongga Mold yang terbuka dan dipanaskan. Ini adalah empat langkah dalam Mold kompresi yaitu memuat muatan, muatan terkompresi, menyembuhkan muatan dan proses pengeluaran produk.

Konstruksi utama adalah punch (sisi rongga), Mold inti dan sistem ejeksi. 

Itulah salah satu jenis metode pengolahan plastik.

Selanjutnya Jenis Metode Pengolahan Plastik – 2/2

Sumber Tulisan :

http://mould-technology.blogspot.com/2008/01/plastic-processing-methode.html

Leave a Comment

Download Company Profile

Ketikkan email Anda untuk donwload file